UTU Gelar Sosialisasi Masuk Perguruan Tinggi ke SMA sederajat Se-Kabupaten Simeulue
  • UTU News
  • 11. 12. 2019
  • 0
  • 1836

MEULABOH, UTU - Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama dua hari yaitu senin & selasa (9-10/12/2019) ini diikuti 34 SLTA sederajat, yaitu SMA sebanyak 26 sekolah, MA 3 sekolah, dan SMK 5 sekolah. Pelaksanaanya dipusatkan di dua titik yaitu SMA 1 Sinabang dan SMA 1 Simeulu Tengah.

Tim sosialisasi UTU dipimpin oleh Prof. Dr. M. Ali S., M. Si, yang beranggotakan Dr. M. Rijal, M. Si, Salman Rusli, S. SKM., M. Epid; Asrorrahmanoviar dan Rudi Hermi, S.Pd.

Prof. Ali S mengatakan UTU pada 2020 membuka kesempatan bagi para lulusan sekolah menengah tingkat atas untuk mengikuti seleksi mahasiwa baru untuk program sarjana, terutama untuk lulusan SLTA dari Kabupaten Simeulu. Kegiatan ini perlu dilakukan berbagai upaya merekrut calon mahasiswa diantanya melalui sosialisasi memperkenalkan UTU ke masyarakat terutama ke lembaga pendidikan menengah pada jenjang Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMTA).

Kegiatan sosialisasi di SMA 1 Sinabang ini diikuti oleh 15 SMTA terdiri dari 9 SMA, 3 MA, dan 3 SMK. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Simeulue, Al-Amin, S.Pd dalam sambutannya mengatakan ada beberapa alasan mengapa para siswa di Simeulue bisa melanjutkan kuliah ke UTU, diantaranya UTU adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang sama dengan PTN yang lain di Nusantara, kedua UTU menyediakan kuota khusus untuk calon mahasiswa baru dari Simeulu, ketiga setiap mahasiswa baru yang masuk ke UTU ditempatkan di Mess UTU yang representatif, terakhir adanya komunikasi secara kontinyu diantara UTU dengan Pemerintah Kabupaten Simeulu.

Selanjutnya, Prof. Ali S sebagai ketua tim sosialisasi dihadapan Kepala Sekolah, Wakasek Bidang Kesiswaan, Operator Sekolah, dan siswa yang mewakili sekolah masing2 menyampaikan UTU merupakan Universitas Negeri pertama dikawasan Barat Selatan Aceh sejak 1 April 2014 dengan 6 Fakultas dan terdiri dari 18 Jurusan/Program Studi.

"UTU juga memiliki SDM Dosen yang memadai dengan kualifikasi pendidikan Strata dua (Magister), Strata tiga (Doktor), dan Profesor. Selain itu tahun 2020 kita akan mulai belajar di Gedung baru berlantai empat yang memiliki prasarana yang lengkap dan modern. Khusus untuk gedung perkuliahan, UTU terus menggenjot pembangunannya, bahkan untuk tahun 2020 UTU kembali mendapatkan kucuran dana puluhan millyar bersumber SBSN untuk lanjutan pembangunan Gedung Kuliah dan Laboratorium modern". Terang Prof. Ali Sarong yang juga Dekan FPIK UTU.

Sementara anggota tim sosialisasi UTU, Dr. M. Rijal, M. Si dalam paparannya menyatakan bahwa cara masuk ke UTU sama seperti universitas negeri yang lain melalui SMPTN, SBMPTN, dan melalui Program Mandiri. Selain itu UTU menyediakan beragam beasiswa yang bersumber dari pemerintah dan CSR Swasta, diantaranya Beasiswa Bidik Misi/ KIP, Beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA), Bank Indonesia (BI), CSR PT Mifa Bersaudara, dan Beasiswa Baitul Mall.

Rudi Hermi, S. Pd. Anggota tim sosialisasi lainnya mengingatkan sekolah sangat berperan tentang kelengkapan data siswa yang digunakan untuk data calon penerima beasiswa bidik misi dan SMPTN. Peran operator sekolah dalam mengaploud data calon mahasiswa salah satu penentu utama, dan perlu kerjasama dalam pengisian data siswa nantinya.

Rudi Hermi mengarahkan dan menuntun cara sekolah mengisi dan mengaploud data sekolah dan data siswa, dan menuntun cara siswa membuat akun beserta emailnya untuk mengisi identitas pribadinya.

Sosialisasi dihari kedua dilaksanakan di SMA 1 Simeulu Tengah yang diikuti oleh 19 SMTA terdiri dari dari 16 SMA, 1 MA, dan 2 SMK. Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala SMA 1 Simeulu Tengah Aslamudin, S.Pd mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Simeulu.

Dalam arahannya, Aslamudin menyatakan 1) Perlu diberi motivasi kepad calon mahasiswa dari Simeulu secara kontinyu, (2) Mohon dukungan dari kita semua membimbing anak kita supaya menempuh pendidikan di Perperguruan Tinggi terutama memilih UTU yang terdekat, dan (3) Kami mohon terus dikunjungi karena baru kali ini kami dikunjungi terutama oleh guru besar.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan di SMA 1 Simteng ini, memiliki materi seperti yang disampaikan di SMA 1 Sinabang. Proses sosialisasi tentang materi dan penyampainya pada kedua tempat ini diakhiri dengan tanya jawab. Dalam proses tanya jawab dapat diketengahkan beberapa hal (1) Nomor HP yang dicantumkan pada brosur atau lainnya adalah nomor hp yang siap dihubungi setiap saat terutama saat pendaftaran, (2) Adanya kuota khusus penerimaan langsung bagi calon mahasiswa melalui penelusuran khusus ke SMTA di Kabupaten Simeulu bukan melalui SMPTN, SBMPTN, atau Mandiri, (3) Beasiswa bidik misi lebih diutamakan kepada putra Simeulu yang kurang mampu terutama yang berpotensi, dan (4) Jika memungkin ada kelas khusus di Simeulu untuk mahasiswa asal Simeulu. Mudah2an Allah Swt meridhai dan merahmatinya. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :