Rektor UTU Tinjau Lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer
  • UTU News
  • 14. 04. 2019
  • 0
  • 132

MEULABOH –  Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. H. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA meninjau lokasi Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) untuk persiapan akhir sebelum ujian dilaksanakan.  Peninjauan persiapan lokasi ujian UTBK itu, berlangsung 12 April 2019, satu hari sebelum ujian dilaksanakan. 

Peninjauan kesiapan ujian UTBK, Rektor UTU didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama UTU, Dr. Ir. Alfizar, DAA dan Kepala Biro Akademik, Kemahasiwaan, Perencanaan dan Kerjasama UTU, Drs. H. Muslim Raden, M.Si, berlangsung pada tiga lokasi yaitu di Labor TIK UTU, di SMKN-1, dan SMKN-2, Meulaboh-Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Teknologi Informasi Komunikasi (TIK-UTU), Murhaban M. Cs  menjelaskan, UTBK dilaksanakan  serentak secara nasional  dan berlangsung 13 april 2019 s/d 26 mei 2019. Pelaksanaan UTBK dananya bersumber dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sementara itu, Fitriadi, ST.,MT, selaku Koordinator Pelaksana  menjelaskan, pelaksanaan ujian masuk Perguruan Tinggi Tahun 2019 sangat berbeda dari tahun sebelumnya. “Tahun 2019, ini dilakukan dengan Computer Base Test dan tidak lagi menggunakan paper base test. Tes yang dilaksanakan LTMPT ini  dilakukan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)",

LTMPT melaksanakan tes secara objektif, adil dan akuntabel. Hasil tes berupa nilai atau skor UTBK SBMPTN bisa diberikan kepada peserta tes, sebagai persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) tahun 2019.

UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

UTBK dilaksanakan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sebagai pelaksana pusat UTBK PTN dibawah koordinasi dan tanggung jawab lembaga LTMPT. Periode tes yang ditentukan secara nasional dan rencana dilaksanakan 10 kali dan setiap hari dilakukan 2 (dua) sesi. Jadwal UTBK dilakukan dengan mempertimbangkan jadwal atau kalender akademik dan kegiatan akademik nasional untuk siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). (Murhaban)

Lainnya :