Rektor Buka Perkuliahan Perdana di Gedung Terintegrasi UTU
  • UTU News
  • 21. 01. 2020
  • 0
  • 3470

MEULABOH, UTU - Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA pada Senin (20/01/2020) membuka perkuliahan perdana di Gedung Ruang Kuliah Terintegrasi (RKT) yang baru selesai dibangun akhir tahun 2019 lalu. Pembukaan perkuliahan perdana semester genap tahun akademik 2019/2020 diikuti oleh ribuan mahasiswa dan civitas akademika.

Kegiatan pembukaan perkuliahan perdana turut dihadiri para Wakil Rektor III, Dr. Mursyidin, MA, para kepala Biro, Kabag, Dekan, para Wakil Dekan dan KTU, Ketua Senat Universitas, para dosen serta tenaga kependidikan.

Rektor Prof. Jasman dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan segenap jajarannya yang telah membantu dalam proses pembangunan gedung RKT yang modern ini yang nantinya diharapkan proses belajar mengajar bisa berlangsung jauh lebih baik lagi.

"Harapan saya dengan penggunaan Gedung baru ini maka peningkatan standar mutu baik ruang maupun pelayanan dapat terpenuhi sehingga kedepan proses belajar mengajar bisa berlangsung lebih baik lagi. Setelah tiga belas tahun menepati gedung lama, mulai hari ini UTU sudah punya gedung baru berlantai empat lengkap dengan berbagai fasilitas teknologi moderen. Gedung yang baru dibangun ini bersumber dari uang rakyat, oleh karena itu diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk turut menjaga dan merawatnya." Harap Prof. Jasman

Pembangunan gedung terintegrasi ini bersumber dari dana Suku Bunga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2019. Dana itu bersumber dari rakyat, kita manfaatkan sebaik mungkin untuk keperluan proses belajar mengajar. Mahasiswa, dosen dan aegenap civitas akademika diminta untuk menjaganya. Kata Rektor

Selain itu, Rektor juga menekankan jika gedung RKT ini bebas dari asap rokok. "Jangan sekali-kali merokok di gedung RKT, jika didapati akan diberikan sanksi, siapapun itu baik mahasiswa, dosen maupun tendik." Tegas Rektor

Mulai hari ini dan seterusnya, seluruh proses perkuliahan UTU akan dipusatkan di gedung RKT, kecuali pelayanan akademik dan rektorat yang masih dilangsungkan di gedung lama yang tidak jauh dari gedung RKT. Sementara untuk tahun 2020, Alhamdulillah UTU kembali mendapatkan anggaran untuk melanjutkan pembangunan Gedung RKT. Terang Rektor

Lanjutnya, sesuai dengan namanya, Gedung RKT ini dapat menampung seluruh mahasiswa UTU dari 6 Fakultas. Konsep kita uni, yaitu satu. Satu gedung untuk seluruh fakultas. Interaksi mahasiswa antar jurusan dan fakultas akan mudah terjalin di gedung baru ini karena tidak ada klaim ruangan fakultas A atau B, yang ada ruangan belajar Universitas Teuku Umar.

"Dalam satu hari, satu ruangan bisa dimanfaatkan oleh 4 fakultas untuk melakukan proses belajar mengajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh tim integrasi ruangan belajar. Harapan kita soliditas dan hubungan baik sesama mahasiswa dan sesama dosen UTU dapat terbangun." Kata Rektor.

Informasi seputar Gedung RKT

Gedung RKT yang sudah bisa dimanfaatkan untuk PBM ini adalah bagian dari megaproyek pembangunan Gedung RKT UTU yang berbentuk gambar U.T.U. yaitu gedung yang terdiri dua buah bangunan berbentuk U yang saling berhadapan dan bangunan berbentu T berada diantara dua U.

Yang sudah selesai dibangun adalah Gedung U2A (1/5 bahagian U kedua) atau 20 % dari bangunan berbentuk U2 (U bahagian belakang). Sementara tahun 2020 akan dilanjutkan pembangunan gedung U2B dengan sumber anggaran masih dari SBSN.

Gedung RKT U2A ini memiliki 74 ruang belajar dengan berbagai ukuran dengan total dapat menampung 2.800 mahasiswa. Adapun rinciannya, Lantai 1 terdiri dari 24 ruang belajar berkapasitas 40 orang, 2 ruangan mushalla untuk laki-laki dan perempuan, 1 ruang informasi, 1 ruang pengamanan (satpam), sebuah ruangan panel elektronik dan sebuah ruangan panel elektrik.

Sementara lantai 2 memiliki 8 ruangan berkapasitas 30 orang, 4 ruangan berkapasitas 40 orang, dua ruangan berkapasitas 60 orang dan sebuah ruangan RKU berkapasitas 300 orang (4 ruangan kecil yang dapat digabungkan). Berikutnya lantai 3 terdiri dari 4 ruangan berkapasitas 50 orang, 6 ruangan berkapasitas 40 orang dan 8 ruangan berkapasitas 30 orang.

Terakhir lantai 4 memiliki sebanyak 10 ruangan belajar berkapasitas 40 orang mahasiswa dan 8 ruangan berkapasitas 30 orang. (Aduwina/ Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :