PM UTU Gelar Audit Internal ISO 9001: 2015, ini Tujuannya
  • UTU News
  • 11. 12. 2019
  • 0
  • 632

MEULABOH, UTU - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan mutu, Lembaga Penjaminan Mutu (PM) Universitas Teuku Umar menggelar Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Berbasis ISO 9001:2015. PM UTU menghadirkan narasumber Aliman Suri dari Sinergi Consulting Jakarta.

Menurut ketua PM UTU, Herdi Susanto, MT mengatakan agenda ini diikuti oleh para auditor Internal UTU berlangsung di Meuligo Hotel, Meulaboh Senin dan Selasa (09-10/12) dilanjutkan dengan audit internal ke Auditee di kampus UTU, Alue Peunyareng, Rabu (11/12/19).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesesuaian unsur-unsur sistem manajemen mutu dengan standar yang telah ditentukan.

Sebelum pelaksanaan Audit Internal di masing-masing bagian/bidang lingkup UTU, terlebih dahulu dilakukan opening meeting yang dibuka oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA. Acara ini dihadiri oleh seluruh Tim ISO UTU, Rabu (11/12/19).

Dalam pembukaannya, Prof. Jasman menyampaikan bahwa Audit Internal perlu dilaksanakan untuk menyesuaikan kebijakan dengan prosedur. Oleh karena itu seluruh bagian/bidang terkait untuk selalu melakukan kajian-kajian terhadap dokumen sehingga penerapannya sesuai dengan apa yang telah ditentukan.

Lanjutnya, kegiatan ini sangat penting sebagai usaha dalam meningkatkan tata kelola, karena UTU adalah lembaga pelayanan publik yang melayani masyarakat khususnya kepada mahasiswa, sehingga tata kelola yang ada harus dikelola dengan baik .

"Kami bertekad pada tahun 2020 nanti, UTU bisa meraih dan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Karena dengan adanya sertifikat ISO tersebut tentunya akan berdampak pada semakin meningkatknya kepercayaan masyarakat atau konsumen terhadap suatu lembaga", jelas Prof. Jasman

Rektor juga menyatakan harus ada upaya-upaya strategis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Untuk itu, dia berharap melalui kegiatan itu para auditor memahami prinsip-prinsip audit, pengelolaan manajemen audit, serta mengerti bagaimana pelaksanaan audit yang benar.

"Diharapkan juga kegiatan ini bisa memberi manfaat yang besar bagi UTU agar menjadi sebuah universitas terkemuka dan berdaya saing," pungkasnya. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :