Peduli Sosial, GenBI UTU Gelar Webinar GARDA Bantu Dhuafa
  • UTU News
  • 23. 10. 2020
  • 0
  • 215

MEULABOH - UTU | Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar (UTU)  melaksanakan kegiatan Webinar GARDA (Gerakan Relawan Rumah Dhuafa), melalui Media Zoom Cloud Meeting, Kamis (22/10/2020).

Webinar yang mengusung tema "Indahnya Berbagi Melalui Gerakan 10 Ribu Rupiah Untuk Membangun Rumah Dhuafa ” ini diikuti lebih seratus peserta dari Anggota GenBI Aceh Komisariat UTU berserta DPD dan juga peserta dari instansi lainnya. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian anggota GenBI UTU terhadap sesama dan sekaligus mengajak lebih banyak elemen masyarakat untuk bergerak bersama GARDA membantu kaum dhuafa.

GARDA merupakan  gerakan relawan yang bertujuan untuk membantu dhuafa membangun rumah yang layak huni melalui gerakan 10 Ribu Rupiah perbulan, setiap donatur yang bergabung diminta kesediaan menjadi donatur tetap dengan menyisihkan 10.000/bulannya.

Aduwina Pakeh, M.Sc , selaku Dosen Universitas Teuku Umar yang juga Inisiator GARDA Indonesia dalam materinya menyampaikan bahwa "Ibarat pepatah mengatakan, lebih baik menyalakan lilin kecil daripada mengutuk kegelapan."
Artinya lebih baik melakukan sesuatu untuk membantu kaum dhuafa walaupun nilainya kecil dibadingkan dengan menghujat, mencaci maki pihak berwenang yang bertanggungjawab untuk menyediakan rumah layak huni kepada kaum dhuafa.

"Kumpulan lilin kecil itu akan membentuk satu kesatuan yang dapat menerangi wilayah yang lebih luas. Dalam kegiatan sosial, lebih baik kita melakukannya berjamaah daripada sendiri-sendiri, gerakan individual juga baik namun tetap memiliki keterbatasan, bekerjasama justru akan lebih menguatkan baik dari kemudahan sosialisasi maupun dalam aksi." Jelas Dosen Sosiologi FISIP UTU ini.

Sementara pemateri kedua dalam webinar ini Tgk. Ridwandi, S.I.Kom yang merupakan Pimpinan Dayah Safinatunnaja Nagan Raya ini mengatakan bahwa “memberi adalah fitrah manusia maka sebagai makluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri".

"Manusia membutuhkan kebersamaan dalam kehidupannya, semua itu adalah dalam rangka saling memberi dan saling memgambil manfaat” kata Alumni Ilmu Komunikasi FISIP UTU.

Tgk. Ridwandi juga mengingatkan kita semua, dengan  memberikan sedikit harta kita kepada orang lain, dapat menyelamatkan kita dari marabahaya, dapat menyucikan diri dan mendapatkan balasan dari Allah SWT berlipatganda, dari itu kami mengajak seluruh peserta webinar ini untuk ikut peduli kepada sesama dengan berbagai cara sesuai kemampuan masing-masing." Pungkas Mantan Ketua Umum HMI Cabang Meulaboh ini.

Sementara itu, Suci Annisa selaku ketua GenBI komisariat UTU periode 2020/2021 juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik dilakukan apalagi pada masa pandemi saat ini.

“Dengan diselenggarakan webinar ini semoga semua peserta yang mengikuti kegiatan ini terketuk hatinya untuk saling berbagi dengan saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan, karena menjadi seseorang donatur itu tidak mesti harus kaya dan sebagainya, siapaun diantara kita itu bisa menjadi donatur, bahkan bayi yang masih didalam kandungan bisa menjadi donatur apalagi kita." Kata Suci

Siapa sih yang tidak ingin menjadi donatur? Semua orang berminat jadi donatur, maka mulailah dari berdonasi dengan nilai kecil namun berkelanjutan.  Pungkas Suci (*)

Lainnya :