Mahasiswa UTU Ikuti Sosialisasi Program Beasiswa dan Studi Ke-Prancis
  • UPT_TIK
  • 06. 02. 2020
  • 0
  • 257

MEULABOH, UTU - Institute Francaise d’Indonesie/Institut bahasa Perancis melalui Perwakilan Kedutaan Besar Prancis di Jakarta berkunjung ke Universitas Teuku Umar (UTU),  Kamis, 6 Februari 2020. Dalam kinjungan tersebut mereka menyampaikan presentasi tentang program beasiswa dan studi ke Perancis, di Aula Utama UTU. 

Kunjungan tersebut dihadiri dua orang Perwakilan Kedutaan Besar Prancis di Jakarta yaitu Stéphane Dovert dan Chloé Graniou, serta  dua orang perwakilan Alian Francais Medan, Nur Hidayah dan Annisa Fauziah.  Acara penyampaian presentasi tentang beasiswa dan studi ke Perancis  dihadiri 75 orang mahasiswa UTU.  Presentasi tentang beasiswa dipandu oleh Endah Anisa Rahma, S.Pd., M.Pd (Dosen dan Pengelola Lembaga Bahasa Asing UTU).  

Kegiatan presentasi itu dibuka oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Alfizar, DAA., didampingi Kepala Biro akademik dan kemahasiswaan, Drs. H. Muslim Raden, M.Si, Kabag Akademik, Husni Mubarak M.Si, Koordinator Pusat Bahasa UTU, Firman Parlindungan S.Pd., M.Pd., PhD, beserta beberapa undangan lainnya juga turut hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Nur hidayah menyampaikan presentasi tentang beasiswa dan studi ke Prancis mulai dari D3 sampai Doctor. Sosialisasi Kuliah ke Prancis sangat berkesan dan menarik minat para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi-nya ke luar negeri. Dalam sosialisasi tersebut perwakilan Kedutaan Perancis menjelaskan banyak hal tentang kuliah di luar negeri, misalnya alasan harus kuliah di Perancis terkait  destinasi wisata yang banyak, penelitian yang berkualitas, kuliner terbaik, perusahaan yang berkancah international, dan bahasa prancis sendiri sebagai salah satu bahasa international saat ini.

Dalam sosialisasi tersebut mereka juga menjelaskan tentang kehidupan sehari-hari di Prancis. Di Prancis tidak ada membeda-bedakan agama ataupun yang lainnya. Di Prancis  juga terdapat mesjid atau tempat ibadah yang nyaman. Dan yang paling terpenting adalah France Development memberi subsidi kepada mahasiswa yang kuliah disana sebanyak 70%, kita cukup membayar 30% saja untuk kehidupan di Prancis.

Bagi mahasiswa mendapat keistimewaan untuk mereka yang memiliki kartu mahasiswa dimana kartu tersebut bisa digunakan untuk pergi ke tempat festival secara gratis dan ke tempat-tempat lain dengan potongan harga. (Muzakkir/***)

Lainnya :