Mahasiswa Prodi Akuntansi Ekonomi UTU “Diterjunkan” ke PT. Socfindo
  • UPT_TIK
  • 23. 12. 2019
  • 0
  • 1841

MEULABOH – Sebaanyak 20 Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi-Universitas Teuku Umar (FE-UTU), semester V “diterjunkan” ke PT. Socfindo, Kebun Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, untuk melakukan kuliah lapangan, Kamis, 19 Desember 2019.

Dalam kuliah kunjungan lapangan, mahasiswa didampingi dosen Prodi Akuntansi Budianto, SE.,M. Si selaku pembimbing, dan atas nama humas UTU, didampingi Ahmad Fauzi, S. Pd (Kabag Perencanaan dan Kehumasan UTU).

Ahmad Fauzi menjelaskan, tujuan kuliah kunjungan lapangan mahasiswa ekonomi tersebut merupakan bentuk tindak lanjut MoU UTU dengan PT Socfindo Seunagan. Tindak lanjut tersebut sekaligus mengimplementasi visi-misi UTU melalui proses perkuliahan di luar kelas untuk materi kuliah yang berkaitan dengan aspek industri berbasis agro and marine.

Selama berada di lokasi pabrik pengolahan kelapa sawit di PT. Socfindo, mahasiswa diterima dan difasilitasi oleh oleh perwakilan PT Socfindo Seunagan, R.J. Sitepu (Askep Unit -1) dan Fakhry Zein (Askep Unit-2).

Setelah mendapatkan pengarahan umum, mahasiswa diperkenalkan melakukan kunjungan ke lokasi pembibitan dan pemetikan TBS (Tandan Buah Segar) untuk mengetahui secara lebih dekat bagaimana proses pembenihan, penanaman, hingga panen.

Setelah selesai kunjungan di areal perkebunan, dilanjutkan kunjungan lapangan ke pabrik pengolahan sawit. Mahasiswa mendapatkan pengarahan terkait alur proses masuknya TBS dari kebun ke pabrik melalui tahapan yang sangat ketat hingga bisa diproses lebih lanjut. Tekniker pabrik, Samsul Bahri menjelaskan secara teknis bagaimana proses produksi kelapa sawit melalui mesin-mesin yang ada.

Selesai dari pabrik, mahasiswa mendapatkan pengarahan dari pihak manajemen terkait bagaimana proses administrasi perkantoran, pencatatan, hingga pelaporan yang diterapkan di PT Socfindo Seunagan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa Prodi Akuntansi dalam menjawab perkembangan ilmu Akuntansi saat ini, terutama dalam aspek perlakuan akuntansi terhadap industri yang bergerak di bidang perkebunan/pertanian/perikanan. Diharapkan juga mahasiswa mampu melihat potensi wilayah perkebunan di Aceh serta memanfaatkan tantangan yang ada menjadi peluang ke depan. (Ahmad Fauzi)

Lainnya :