Mahasiswa FISIP UTU Kuliah Lapangan Ke USU dan TVRI Medan
  • UPT_TIK
  • 15. 12. 2019
  • 0
  • 1765

MEULABOH – Sebanyak 76 Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU), melakukan kuliah lapangan ke Universitas Sumatera Utara (USU), dan ke Stasion Televisi Republik Indonesia (TVRI), Medan.

 “Komunitas Ilmu Komunikasi Mewarnai Kanvas Peradaban dan Fenomena Post Truth, Tantangan dan Peluang di Era Revolusi 4.0”, adalah judul dan tema kuliah lapangan kali ini.

Kuliah lapangan yang dilakukan mahasiswa FISIP itu, dalam perjalanan dan selama berada di Medan-Sumatera Utara (Sumut) memakan waktu selama 6 (enam) hari,  7 hingga 12 Desember 2019. “Alhamdulillah, kuliah lapangan yang kami lakukan berjalan sukses, kami merasa puas, karena sasaran tercapai, dan membuahkan hasil yang maksimal”, ujar Ilhami Syahputra, ketua rombongan mahasisiwa.

Ilhami menjelaskan, 76 mahasiswa melakukan kuliah lapangan ke Medan, didampingi tiga dosen Prodi Ilmu Komunikasi yaitu Said Fadhlain, MA, Reni Juliani, M. I. Kom, dan Muzakkir. Sementara, 76 mahasiswa itu adalah semester 3 dan semester 5. “Perjalanan kami ke Medan menggunakan 3 (tiga) armada Bus sewa milik Pemda Aceh Barat.  Kuliah lapangan ini merupakan bentuk responsi dan aplikasi ilmu dari mata kuliah kumunikasi massa, komunikasi politik, opini publik, dan hukum media”. 

Selama di Medan, mahasiswa FISIP UTU diterima oleh mahasiswa dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP-Universitas Sumatera Utara (USU). Silaturrahmi dan kuliah lapangan bersama mahasiswa FISIP USU berlangsung, Senin, 9 Desember 2019, di Aula FISIP USU, dengan didampingi Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi FISIP USU, Emilia Ramadhani, S. Psi, MA. “Di USU, kami disambut dengan penuh kekraban, dan kuliah berlangsung penuh semangat yang dilanjutkan dengan diskusi, tanya jawab, dan diakhiri dengan pertunjukan musik dan bernyanyi bersama”, ujar Vero Candra, wakil ketua rombongan mahasiswa.  

Sementara itu, Selasa, 10 Desember 2019, mahasiswa FISIP UTU melanjutkan kuliah lapangan bersama karyawan dan Pimpinan TVRI Medan-Sumatera Utara. Selama berada di TVRI, mahasiswa FISIP UTU disambut oleh Syah Reza (Kepala Produser dan Pengarah TVR) dan Setia Pandia, SH (Kepala Pemberitaan TVIRI) Sumatera Utara.

Selama berada di TVRI Medan, mahasiswa dikumpulkan di dalam Gedung Aula TVRI dan diberikan materi tentang sistem, pola dan manajemen pemberitaan yang dilakukan oleh TVRI Medan. Mahasiswa sangat antusias mengikuti kuliah yang disampaikan oleh kedua Pimpinan TVRI tersebut, karena materi yang diberikan sangat relevan dengan teori yang selama ini diajarkan dibangku kuliah. Setelah menerima materi, mahasiswa diperkenalkan secara langsung tentang sistem pemberitaan dengan mengunjungi beberapa studio program yang didampingi oleh pimpinan dan karyawan TVRI setempat. (Muzakkir).

Lainnya :