Kunjungi UTU, Delegasi Jepang Beri Kuliah Tamu
  • UTU News
  • 15. 02. 2020
  • 0
  • 669

MEULABOH, UTU | Dalam rangka membuka wawasan mahasiswa mengenai hubungan Aceh - Jepang serta prospek kerja atau magang ke Jepang. Universitas Teuku Umar (UTU) bekerjasama dengan Forum Aceh Jepang (FAJ) menyelenggarakan kuliah tamu. Kegiatan yang menghadirkan 3 orang pemateri dari Aceh-Jepang Community Art ini dilaksanakan di Aula Utama GKT UTU, Kamis, 13 Februari 2020.

Narasumber dalam kegiatan tersebut terdiri dari Yuichi Watanabe (The Labolatory of Global Dialogue), Kadowaki (Art Inclusion), Maulida Rahma (Aceh Japan Delegate Exchage Culture), Zulfriansyah (Ketua FAJ) serta Safrizal yang merupakan Alumni dari FKM UTU yang berkesempatan melaksanakan magang di Jepang selama tiga tahun.

Wakil Dekan I FISIP, Dr. Afrizal Tjoetra, M.Si mewakili pimpinan UTU dalam sambutannya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Ini kesempatan yang baik bagi para mahasiswa UTU untuk mempelajari dan mendalami informasi seputar budaya, bahasa dan peluang untuk melanjutkan pendidikan serta kesempatan magang ke Jepang.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas ini diawali dengan pemutaran 3 buah film pendek. Ketiga film karya sinemas Aceh ini mengangkat kisah tentang "Silop Jepang", "Wafe" dan kisah nyata tentang kehidupan keluarga Maulida Rahma, putri Meulaboh keturunan daripada Jepang, kakeknya merupakan dokter Jepang yang memilih menetap dan menikah di Meulaboh, saat Jepang dikalahkan oleh sekutu.

Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka memanfaatkan sesi diskusi untuk bertanya dan menggali pengetahuan seputar jepang.

Salah satu peserta, Farina Islami, mahasiswa Ilmu Komunikasi sangat senang dengan kegiatan ini, bahkan dia mengaku ditawarkan untuk menggarap film pendek dengan dibantu dari Aceh-Jepang Community Art.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Mursyidin MA mengaku mendapatkan beberapa poin dari hasil diskusi dengan delegasi Jepang, diantaranya akan melakukan penjajakan MoU dengan Jepang Foundation untuk beasiswa ke jepang, pelatihan bahasa, pertukaran pelajar dan magang ke jepang. (Aduwina / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :