FT UTU Gelar Webinar Tantangan Kuliah Magang Dalam Implementasi Merdeka Belajar
  • UTU News
  • 25. 09. 2020
  • 0
  • 359

MEULABOH - UTU | “Employability” atau keterserapan lulusan dalam lapangan kerja semakin mendapatkan perhatian perguruan tinggi. Hal ini disebabkan karena salah satu tuntutan dari mahasiswa adalah mereka bisa bekerja setelah mereka lulus dari perguruan tinggi mereka. Menurut Hillage dan Pollard (1998), employability adalah “knowledge, skills and attributes that graduates are expected to be able to demonstrate they have acquired in higher education”.

Dalam konteks perguruan tinggi di Indonesia, spirit peningkatan ‘employability’ telah digodok oleh kemendikbud melalui konsep ‘Kampus Merdeka’. Kampus merdeka dianggap sebagai wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Dalam konsep Kampus Merdeka, mahasiswa diberikan hak belajar tiga semester di luar program studi dan kebebasan mengambil SKS di luar program studi. Tiga semester yang dimaksud adalah berupa satu semester kesempatan mengambil mata kuliah di luar program studi dan 2 semester melaksanakan aktifitas pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Berbagai bentuk kegiatan belajar di luar PT, diantaranya melakukan magang atau praktik kerja di Industri atau tempat kerja lainnya, melaksanakan proyek pengabdian kepada masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran mahasiswa, melakukan penelitian, melakukan kegiatan kewirausahaan, membuat studi atau proyek independen, dan mengikuti program kemanusiaan. Semua kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan bimbingan dari dosen. Kampus merdeka diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh, siap kerja atau menciptakan lapangan kerja baru.

Pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk mengembangkan inovasi, kreatifitas, kapasitas, kepribadian dan kebutuhan mahasiswa serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan nyata, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Melalui program Kampus Merdeka yang dirancang dan diterapkan dengan baik, maka “hard skill” dan “soft skill” mahasiswa akan mengalami penguatan.

Namun demikian, masih banyak dosen dan program studi tidak memahami konsep dan penerapan dari Kampus Merdeka, terutama dalam hal magang mahasiswa. Oleh karena itu, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar akan mengadakan Webinar dengan topik “Tantangan Kuliah Magang Dalam Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka" yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 26 September 2020 pada pukul 09:00 sampai dengan 12:00 WIB.

Webinar ini akan menghadirkan dua Pemateri yang sangat kompeten dibidangnya, yaitu Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE, MBA (Rektor Universitas Teuku Umar, Meulaboh - Aceh); Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA (Rektor Institut Teknologi Bandung periode 2015-2020); dan Durain P. Siregar, S.T., M.T, IPM (GM PT. Solusi Bangun Andalas, Lhoknga Plant).

Webinar ini akan di moderatori oleh Fitriadi, S.T, M.T (Dosen Teknik Industri Universitas Teuku Umar serta diisi dengan sambutan  Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. M. Isya, M.T.

Webinar akan diselenggarakan melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings dan Live Streaming via Youtube di channel Fakultas Teknik UTU serta terbuka untuk umum. Peserta akan mendapatkan e-sertifikat dan e-materi. Pendaftarannya bisa langsung dilakukan melalui link berikut http://bit.ly/FORwebtek. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Narahubung Herri Darsan, S.T., M.T (0852-6036-9785) dan Suryadi, S.T., M.Cs (0852-1414-1987).  (Aduwina  Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :