Buletin Bahtera FPIK “Berlayar Membangun Negeri” Resmi Launching
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • 13. 01. 2020
  • 0
  • 481

FPIK-UTU. Rendahnya minat baca merupakan suatu ancaman yang dapat mengganggu peningkatan kualitas sumber daya manusia di segala bidang. Rendahnya minat baca juga dapat menurunkan manfaat utama daripada media. Padahal, media mutlak diperlukan sebagai kemampuan dasar berpikir kritis untuk hidup di jaman sekarang ini. Diawal Tahun 2020 ada yang berbeda dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar, pimpinan berserta jajarannya meluncurkan Buletin Bahtera FPIK “Berlayar Membangun Negeri” sebagai media informasi untuk mahasiswa, dosen, tekdik beserta para pimpinan yang ada di lingkungan UTU maupun yang diluar UTU, karena setiap edisi akan diupload pada laman fpik.utu.ac.id.

Selasa, 07 Januari 2020, peluncuran (launching) Buletin Bahtera FPIK tersebut dilakukan oleh Rektor Universitas Teuku Umar, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Alfizar, DAA, bidang akademik di Aula Utama peserta yang ikut hadir dalam kegiatan launching Buletin Bahtera itu adalah jajaran, dosen dan mahasiswa FPIK.

Sebelum meu-launching Buletin Bahtera tersebut, Dekan FPIK, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si mengukuhkan pengelola Buletin Bahtera FPIK antara lain Pembina, Prof. Dr. M. Ali S.,M.Si. Bidang Administrasi, Dr. M. Rizal, S.Pi.,M. Si, Hafinuddin, S.Pi.,M.Sc sebagai Bidang Keuangan, Pimpinan Redaksi adalah Heriansyah, S.Pi.,M.Si, Redaktur adalah Nabil Zurba, S.Pi.,M. Si. Sekretaris Redaksi, Mai Suriani, S. Kel.,M. Si. Sementara Samsul Bahri, S. Kel.,M. Si (Reporter I), Rudi Hermi, S. Pd (Reporter II) dan Budiman, S. Pi sebagai Layouter.

Heriansyah, S.Pi.,M.Si mengatakan bahwa, kami sangat berharap dukungan dan semangat dari pimpinan UTU, pimpinan redaksi UTU News, Para Dekan, Para Tekdik, Dosen berserta Mahasiswa/i yang ada di lingkup Universitas Teuku Umar, khusunya kepada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Agar buletin ini dapat berjalan setiap bulannya kami sangat berharap setiap kegiatan Fakultas, Dosen, dan Mahasiswa, dapat diinformasikan kepada kami, agar dapat diterbitkan dalam Buletin Bahtera FPIK, ujar pimpinan redaksi.

Prof. Ali S mengatakan, Buletin Bahtera ini lahir dalam Bulan Desember 2019 dan menggema dihati pimpinan, yang disahuti oleh kolega FPIK, yang peduli akan kemajuan FPIK UTU kedepan. Buletin Bahtera ini terdiri dari 12  halaman, depan (cover) adalah sekapur sirih,   halaman 2 dan 3 rubrik penelitian, halaman 4 dan 5 rubrik pengabdian, halaman 6 dan 7 rubrik kegiatan fakultas, halaman 8 dan 9 rubrik kegiatan mahasiswa, halaman 10 dan 11 penduan penulisan dan halaman 12 berisi sumbang saran dan struktur pengelola Buletin Bahtera, yang merupakan Volume 1, Edisi 1 2020 “Ide lahirnya Buletin Bahtera ini muncul pada pelaksanaan wisuda dan dies natalis UTU Tahun 2019, setelah adanya pemaparan dari berbagai narasumber pada kegiatan wisuda dan dies natalis pada saat itu”, ujar Prof. M. Ali S.

Lahirnya Buletin Bahtera FPIK yang bermoto “Berlayar Membangun Negeri” ini agar  setiap kegiatan yang dilakukan oleh fakultas, dosen dan mahasiswa bisa dipublikasikan di Buletin ini, dan seluruh publikasi yang diterbitkan oleh Buletin Bahtera ini akan menjadi dukumen sebagai bahan untuk berbagai keperluan akreditasi ke depannya. 

Wakil Rektor I UTU, Dr. Ir. Alfizar, DAA memberikan apresiasi kepada pengelola Buletin Bahtera FPIK dan dalam arahannya beliau menjelaskan dengan makna dari filosofi berlayar, “Ke depan kalau Buletin Bahtera ini bisa dikelola dengan baik, karena “mesinnya” (pengelola) nya  masih muda-muda dan energik akan bisa berlayar secara mendunia artinya Buletin Bahtera ini tidak hanya dibaca oleh orang-orang UTU dan Meulaboh saja, tetapi bisa dibaca secara meluas di kalangan nasional dan internasional” begitu harapan dari Wakil Rektor I, dalam penyampaiannya, [Budiman].

Komentar :

Lainnya :