Benchmarking Tendik FKM UTU ke FKH USK
  • UTU News
  • 21. 04. 2021
  • 0
  • 449

MEULABOH - UTU | Pada tanggal 08-10 April 2021 Tenaga Kependidikan (Tendik) Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar melakukan studi banding ke Fakultas Kesehatan Hewan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Studi banding ini bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan memberikan manfaat bagi perkembangan dan kebutuhan tendik dengan belajar di lokasi dan lingkungan yang berbeda dan tentunya akan menambah pengalaman dan lebih refresh dalam bekerja.

Pimpinan dan Tendik FKM UTU diterima di Ruang Akreditasi FKH, USK, oleh Dekan FKH drh. Teuku Reza Ferasyi, M.Sc., Ph.D, beserta sejumlah staf bidang akademik dan kemahasiswaan FKH. Sementara rombongan tendik FKM UTU dipimpin langsung oleh Dekan, Prof. Dr. drh. Darmawi, M.Si dan didampingi Muhammad Idris, M.Pd, Desi Desi Arisandi, M.Si, T.Rafilin, S.Pd, Sri Mulyani, SE, dan Dwi Fitri Moriza, SH.

Dalam sambutannya, Dekan FKH memaparkan materi tentang profil kelembagaan FKH USK yang saat ini sedang mempersiapkan Akreditasi berskala Internasional. Oleh karena itu, FKH akan terus melakukan upaya percepatan pembentukan unit2 yang di butuhkan sesuai dengan standar yang di harapkan.

Memang usia USK sudah lebih dari 50 tahun, namun langkah FKM UTU untuk lebih maju tentulah bukan hal yang sulit, apabila seluruh fasilitas yang dibutuhkan bisa di penuhi. Salah satunya adalah pola layanan yang kini sudah berbasis IT, dan yang paling terpenting adalah bagaimana kita bisa menyimpan data-data dokumen dengan baik dan bisa mempermudah dalam pencarian dokumen jika sewaktu-waktu itu diperlukan.

Begitu juga halnya pada pelayanan akademik dan kemahasiswaan, dimana unsur yang terpenting dalam pelayanan tersebut adalah bagaimana kita mampu menciptakan sebuah aplikasi yang tujuannya adalah untuk mempermudah akses mahasiswa dalam mendapatkan informasi tentang akademik, meski setiap perguruan sudah memiliki SIAKAD, namun kita masih harus terus menciptakan aplikasi lain yang sifatnya bisa bermanfaat untuk kepentingan pengembangan layanan dibidang akademik dan kemasiswaan, dan di setiap unit, justru harus ada aplikasi dalam konteks apapun bentuk layanan.

Sementara itu Dekan FKM UTU, Prof. Darmawi mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah dapat sharing tentang kelebihan dan kekurangan dalam pengelolaan administrasi kepegawaian, pengelolaan jurnal dan hal-hal lain berkaitan dengan akreditasi prodi.

"Saat ini Prodi IKM sudah mendapatkan akreditasi B dan Alhamdulillah kampus UTU baru saja mendapatkan Predikat Baik Sekali. Namun kami tidak berhenti sampai disini saja, melainkan kami harus terus berbenah dan memperbaiki apa yang masih kurang untuk FKM yang baik lagi." Jelas Prof Darmawi

Alhamdulillah, FKM telah menyukseskan kegiatan Internasional Conference Public Health (ICPH) selama 2 tahun, dan ditahun ini kita juga sedang mempersiapkan kegiatan ICPH ke 3 tahun 2021. Oleh karena itu, dalam agenda ini, saya ingin mengajak FKH untuk dapat bekerjasama dengan FKM dalam agenda kegiatan tersebut, karena pada dasarnya FKM dan FKH itu sama-sama memiliki azas pembelajaran kesehatan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :