• awards
  • 09. 05. 2018
  • 2554

Latar Belakang
Melihat potensi pertanian Aceh, tidak dapat dipungkiri bahwa Universitas, sebagai pusat penelitian dan penghasil sarjana-sarjana pertanian memiliki peran besar dalam memanfaatkan dan mengembangkan pertanian Aceh, khususnya melalui pengembangan agroindustri yang tepat guna dan berkesinambungan (sustainable agroindustry development). Untuk mencapai tujuan tersebut, lulusan Universitas Teuku Umar dengan IPK tinggi dan orientasi untuk menjadi pegawai saja tidaklah cukup, mahasiswa juga dituntut memiliki keberanian dan kecakapan sehingga mampu menjadi seorang agropreneur (wirausaha dibidang agro dan kemaritiman). Lahirnya agropreneuragropreneur baru diharapkan akan mengurangi beban pemerintah Aceh dan sekaligus membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat.


Karya inovatif/Produk Kreatif adalah produk kreatif berbasis pertanian dalam arti luas yang meliputi tanaman pangan, hortikultura, perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan yang memiliki keunikan sehingga bermanfaat bagi pengguna. Karya inovatif/produk kreatif yang dimaksud dapat berupa :
1. Produk berbasis pertanian dan perikanan yang unik, dan atau
2. Metode atau proses yang lebih efisien atau efektif dalam pembuatan suatu produk berbasis pertanian dan perikanan.


Tujuan
Lomba Karya Inovatif dan Produk Kreatif Berbasis Pertanian dan Perikanan yang akan dilaksanakan oleh Universitas Teuku Umar diharapkan mampu menjaring karya inovatif dan produk kreatif mahasiswa pada seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia ataupun mahasiswa yang sudah menjadi agropreneur untuk berbagi dan memotivasi mahasiswa lainnya.

Komentar :