• awards
  • 23. 05. 2018
  • 167

Latar Belakang

Lesunya perekonomian dan sulitnya bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di Indonesia menyebabkan jumlah pengangguran terus bertambah. Ironisnya, sebagian besar pengangguran itu berpendidikan sarjana. Lulusan sarjana baru akan mencoba berwirausaha jika tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Hal ini sangat disayangkan, padahal Indonesia dengan hampir 260 juta penduduk merupakan pasar yang potensial untuk produk/jasa apapun. Saat ini, hanya 1,5 persen penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha, jauh dari jumlah ideal 2,5 persen. Pemerintah juga telah mendirikan Badan Ekonomi Kreatif untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.  
 
Universitas Teuku Umar, melalui salah satu kompetisi pada UTU Awards (Kompetisi Perencanaan Bisnis) berusaha untuk meningkatkan motivasi serta semangat mahasiswa untuk berwirausaha sejak menjadi mahasiswa. Agar bisnis berjalan dengan baik dan rendah risiko, maka diperlukan perencanaan bisnis yang baik pula. Perencanaan Bisnis pada 3rd UTU Awards harus: a. Ide bisnis untuk produk/jasa baru (inovatif) pada bidang agro & marine industries (dari sektor hulu sampai ke hilir).   b. Perencanaan bisnis yang diusulkan adalah bisnis baru (start-up). c. Perencanaan bisnis yang diusulkan adalah karya original peserta bukan plagiasi dari bisnis yang sudah ada (harus dapat ditunjukkan keunikannya). d. Perencanaan bisnis harus layak di implementasikan (aspek produk, pasar, operasional, keuangan, dan SDM).
 
Tujuan

Melalui Kompetisi Perencanaan Bisnis ini, diharapkan mahasiswa akan mendapatkan masukan dari dewan juri dan kesempatan untuk mendapatkan tambahan modal sehingga dapat segera merealisasikan rencana bisnisnya. Selain itu, sebagai multiplier effect diharapkan akan mengurangi pengangguran terdidik, meningkatkan pertumbuhan ekonomi seta peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar usaha.  

Komentar :