• awards
  • 23. 05. 2018
  • 615

Latar Belakang

Perkembangan Online Shop atau toko online melalui media internet sudah menjamur di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh khalayak ramai. Banyaknya beragam kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat Indonesia menjadikan Online Shop sebagai salah satu “tempat berbelanja” baru selain pusat perbelanjaan. Hal ini membuat banyak penjual Online Shop yang berlomba – lomba menawarkan produknya dengan berbagai cara untuk menarik konsumen berbelanja, mereka memanfaatkan keadaan dimana Online Shopping sedang saat diminati oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.
 
Lomba desain Toko Online UTU Award III merupakan lomba yang menguji kemampuan mahasiswa dalam mendesain dan mengimplementasikan ide, kreativitas dan solusi dalam membangun situs-web. Lomba Desain Toko Online hadir sebagai upaya untuk merespon kehadiran dan perkembangan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi. Kehadiran internet berdampak pada pola hidup masyarakat, khususnya dalam bidang ekonomi. Deskripsi keterkaitan fenomena penggunaan internet (ICT) dan ekonomi adalah lahirnya ‘pasar baru’ di mana pasar tersebut bersifat virtual atau maya. Pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung untuk bertransaksi. Barang yang diperjual belikan dipajang hanya berupa gambar dalam foto/video.  
 
Atas dasar pemikiran tersebut, Universitas Teuku Umar akan melaksanakan Sayembara Desain Web Usaha (E-Store) tahun 2017. Kegiatan ini diperuntukkan kepada mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia dengan tujuan mengasah daya nalar kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam mencipta dan mendesain tampilan web, karena tuntutan akan penguasaan teknologi khususnya desain web menjadi kebutuhan futuristik yang akan menjadi alternatif lapangan kerja bagi para sarjana.


Tujuan

Tujuan dari kegiatan ini, sebagai berikut:

  1. Merangsang dan menumbuh kembangkan entrepreneurship spirit mahasiswa;
  2. Memasyarakatkan keterampilan desain toko online pada kalangan mahasiswa
  3. Menjadikan mahasiswa Indonesia sebagai web developer bersekala Nasional dan Internasional
  4. Membangkitkan daya nalar kreatif dan inovatif mahasiswa dalam menciptakan desain website;
  5. Menumbuhkembangkan jiwa ekonomi kreatif di mahasiswa.

Komentar :